Minggu, 20 April 2014

Suzuki Karimun Wagon R: Mobil Murah, Kualitas Mewah

Kebutuhan akan transportasi yang murah dan ramah lingkungan sangat dibutuhan di Indonesia. Semangat untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan pun didukung oleh pemerintah Indonesia dengan adanya beleid LCGC (Low Cost Green Car). Setelah dikeluarkannya beleid tersebut, Suzuki langsung ‘menyambutnya’ dengan mengeluarkan produk mobil terbaru mereka, Suzuki Karimun Wagon R. Semangat LCGC ini menjadi momentum Suzuki untuk melahirkan kembali produk Karimun Wagon R. Sosok mobil dengan bentuk kotak yang begitu legendaris di Indonesia. Sangat wajar jika Suzuki Karimon Wagon R menjadi tujuan banyak pasang mata di acara Indonesia International Motor Show 2013 (IIMC 2013).



Mobil yang diperkenalkan pada tanggal 10 November 2013 oleh PT. Suzuki Indomobil Sales ini akan dijadikan “kartu truf’ sekaligus komitmen Suzuki dalam mendukung program LCGC (Low Cost Green Car) yang tengah digalang oleh pemerintah.

Suzuki mengusung tagline “Lebih Dari Cukup”, tiga kata yang menyiratkan banyak makna. Artinya dengan harga yang cukup ekonomis, tapi mendapatkan banyak sekali fitur dan keunggulan yang luar biasa dari Suzuki Karimun Wagon R. City car dari Suzuki ini memiliki fitur-fitur andalan dengan jargon “SUPER” (Spacious, Usefull, Practical, Efficient, Reasonable).

SPACIOUS
Fitur ini membuat penumpang sangat lega dan nyaman. Kokpit depan mobil mampu mengakomodasi perawakan pengemudi hingga mencapai 181 cm. Dari sisi kelapangan baris penumpang, Suzuki Karimun Wagon R ini bisa dimuati hingga tiga penumpang sekaligus. Pintu yang dapat berputar 77o membuat proses keluar masuk penumpang menjadi lebih mudah dan nyaman. Suzuki Karimun Wagon R dilengkapi dengan bagasi yang sangat luas, bahkan jika dirasa bagasi masih kurang, kursi belakang dapat dilipat hingga bagasi menjadi lebih luas. 

USEFUL
Mobil Karimun Wagon R adalah mobil yang multiguna yang siap memberikan kemudahan berkendara penggunanya. Dengan desain yang kompak dan simpel membuat mobil ini sangat mudah dan stabil untuk dikendarai bahkan untuk jalan yang sempit sekalipun. Badan mobil yang sangat kompak membuat penggunanya tidak pusing ketika akan memarkirkan mobil.

PRACTICAL
Suzuki Karimun Wagon R sangat tepat untuk menjadi pilihan keluarga anda. Mobil ini sangat praktis untuk dibawa mudik, liburan, atau sekedar jalan sore ber-haha-hihi dengan teman-teman. Fitur practical membuat segalanya menjadi praktis, pengguna akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang ada di dalam mobil. Bagasi begitu luas ditambah dengan sebelas kompartemen membuat mobil ini multiguna.

EFFICIENT 
Mobil kelas LCGC ini dilengkapi dengan instrumen dashboard mobil mumpuni yang mampu memberikan informasi kepada pengemudi seperti tachometer, speedometer, fuel indicator, immobilizer indocator dan gear shift indicator. Teknologi gear shift indicator merupakan komponen yang sangat berharga bagi pengemudi. Indikator ini memberikan informasi di saat yang tepat untuk mengoper transmisi gigi naik maupun turun sehingga bahan bakar menjadi hemat.
Karimun Wagon R menggunakan mesin generasi terbaru, yaitu K10B dengan kapasitas 998cc DOHC yang ringan dan bertenaga, Multi Point Injection serta penggerak roda depan.
Fitur efficient ini membuat mobil menjadi sangat hemat bahan bakar. Karimun Wagon R dibekali dengan Intake Manifold berbahan plastik yang dapat meminimalisir penguapan bahan bakar dari radiasi mesin. Dibanding mobil lain yang menggunakan karet untuk menggerakkan mesin, Karimun Wagon R anti mainstream karena menggunakan Metal Timing Chain dimana mesin digerakkan dengan rantai besi yang menekan biaya perawatan yang lebih murah dan tahan lama dibanding berbahan belt karet.

REASONABLE
Fitur reasonable merupakan keunggulan Suzuki Karimun Wagon R. Mobil yang mewah dikelasnya ini hanya dibanderol dengan harga 95 juta rupiah. Sungguh harga yang terjangkau. Mobil yang multiguna ini memang benar “lebih dari cukup”.

Fitur-fitur di atas merupakan fitur unggulan yang coba diberikan oleh Suzuki untuk masyarakat Indonesia dalam merespon kebutuhan mobil Low Cost Green car (LCGC). Adapun gambaran mobil secara kesuluruhan akan dijelaskan di bawah ini.

EKSTERIOR
Bagian eksterior mobil ini terlihat simpel namun elegant dengan dimensi panjang 3.600 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.700 mm. Sosoknya yang kokoh membuat tampilan mobil ini terlihat dinamis dan sporty. First grill yang elegant memunculkan gairah muda yang trendy dan tampak garang. Pesona Karimun Wagon R yang stylish ditambah balutan Headlamp Blue Eyes dan flag lamp menambah kesan mobil yang mewah. Tagline “lebih dari cukup” yang diusung oleh Suzuki tergambar di dalam eksterior mobil dengan adanya tambahan fitur Roof Rail (GX) yang nampak di bagian atas serta dibagian belakang ada chrome back door garnish (GL, GX) yang juga menjadi gambaran tagline “lebih dari cukup”.





INTERIOR
Terlihat simple di luar, namun terasa lapang di dalam. Begitulah gambaran kelapangan interior Karimun Wagon R. Kabin yang lapang ini membuat Karimun Wagon R bisa “disesakki” sampai lima penumpang baik anak kecil maupun orang dewasa dengan ruang gerak yang sangat luas. Adanya sebelas multi compartment yang ada di dalam mobil membuat penumpang tak perlu risih dengan banyaknya barang bawaan semacam makanan atau pun minuman di dalam mobil. Dari segi kemewahan interiornya, mobil ini dimanjakan dengan tampilan dashboard mobil yang modern. Tampilan warna interior yang soft membuat penumpang semakin nayaman dan betah berlama-lama di dalam mobil. Tampilan cluster meter yang sporty (GX dan GL) memberi gairah muda kepada setiap pengendaranya. Tampilan mewah juga diperlihatkan dengan adanya electric power steering dan power window (GX dan GL) semakin memudahkan dan memanjakan pengemudi. Disematkannya gear shift indicator memberikan informasi di saat yang tepat bagi pengemudi untuk mengoper transmisi gigi naik maupun turun.

PERFORMANCE
Dapur pacu Karimun Wagon R menggunakan mesin generasi terbaru, yaitu K10B dengan kapasitas 998 cc DOHC, Multi Point Injection serta Penggerak Roda Depan (FWD) yang mebuat mesinnya sangat garang dan gesit.  Mesin K10B mampu menyemburkan tenaga 68 dk/6.200 rpm serta torsi 90 Nm/3.500 rpm, bobot mesin ini sebesar 885 kg. Kapasitas mesin Karimun Wagon R adalah 1000 cc, 12 valve dengan 3 silinder yang ditransmisikan ke dalam 5-speed. Dengan torsi sebesar 3.500 rpm tentu membuat sosok Suzuki Karimun Wagon R sangat gesit dan lincah. Untuk urusan suspensi, Karimun Wagon R mampu meredam bobot 885 kg. Suspensi yang sangat empuk dalam kabin membuat mobil ini sangat nyaman dikendarai dalam medan jalan yang terjal sekalipun. Efisiensi mesin yang mumpuni menjadikan mobil ini hanya mengeluarkan bensin satu liter untuk menempuh jarak 22,4 km.



SAFETY
Fitur keamanan dalam Mobil Suzuki Wagon R dibekali dengan alarm dan teknologi immobilizer membuat mobil ini sangat aman, karena mobil hanya akan menyala jika diaktifkan dengan kunci asli. Sistem pintu mobil dibekali dengan teknologi Child Proof Door Lock yang memberikan ketenangan pada orang tua ketika berkendara membawa anak-anak. Karimun Wagon R Dilengkapi dengan under seat tray atau nampan yang terletak dibawah tempat duduk penumpang depan berguna untuk menyimpan barang saat parkir. Untuk memudahkan akses penggunanya Karimun Wagon R dilengkapi dengan keyless entry (GX).

 Berikut ini adalah pilihan warna dan dan spesifikasi fitur Suzuki Karimun Wagon R
Mobil Suzuki Karimun Wagon R memang layak menjadi mobil yang ramah dan berkualitas mewah.

REFERENSI:
http://Suzuki.co.id
http://dapurpacu.com/test-drive-suzuki-karimun-wagon-r/
http://www.wagonjogja.com/2013/11/perbedaan-kelengkapan-karimun-wagon-r-tipe-ga-gl-gx.html
http://autobild.co.id


1 komentar:

luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com