Senin, 03 Juni 2013

CINTA CIMAHI

Tahukah kalian koordinat ini 6°53' LS 107°32' BT ?

Koordinat itu terletak di Kota Cimahi, dimana 612.168 jiwa (sensus 2011) menetap di kota yang indah itu.
Di postingan kali ini saya ingin menceritakan kota cimahi dan menganalisisnya menggunakan analisis SWOT.

Tapi sebelum menganalisis Kota Cimahi, saya perkenalkan dulu sekilas tentang Kota Cimahi. Kota yang dikenal sejak tahun 1811 ini  awalnya diinisiasi oleh seorang jenderal yang bernama Williem Dandels, saat itu jenderal Williem Dandels sedang membuat Jalan Raya Anyer-Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan (loJi) di Alun-alun Cimahi sekarang. Tahun 1953 Cimahi menjadi sebuah kecamatan dan pada  Tahun 1975 ditingkatkan menjadi kota administratip melalui PP No.29 Tahun 1975, Kota Cimahi diresmikan pada tanggal 29 Januari 1976, merupakan Kotip pertama di Jawa Barat dan ketiga di Indonesia. Tahun 2001 ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom.

Kota yang berpenduduk 612.168 jiwa ini memiliki slogan Saluyu Ngawangun Jati Mandiri, yang artinya memiliki pengertian berjalan harmonis serasi dengan selaras, bahu membahu dalam membangun citra diri yang mandiri dalam kemajuan. Pemandangan di Kota ini sangat indah, alamnya asri, serta udaranya romantis dan sejuk.


Yuk kita analisis KotaCimahi menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats)

1.   STRENGTH
Kota cimahi merupakan kota  yang terletak di Jawa Barat, kota ini merupakan “tetangga Ibu Kota” dimana kita ketahui bahwa Cimahi merupakan tetangga dari Kota bandung. Ini merupakan sebuah keuntungan karena Cimahi berperan sebagai sebagai penyanggah Ibu Kota Provinsi. Celah ini bisa dimanfaatkan dengan dengan baik oleh pengambil kebijakan di Kota Cimahi untuk membuat Kota Cimahi lebih bergerak aktif lagi dalam membangun infrastruktur kota dan mempromosikan Kota Cimahi menjadi salah satu bagian yang penting dari Jawa barat

PEREKONOMIAN
Kekuatan perekonomian Cimahi terletak pada bidang industri dan UMKM. Industri yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian Kota Cimahi adalah industri Pengolahan dan beberapa industri kreatif lainnya. Beberapa sektor lain pun turut menjadi tulang punggung perekonomian Kota Cimahi, diantaranya adalah sektor pertanian, listrik gas dan air bersih, bangunan dan konstruksi, hotel dan restoran, angkutan dan komunikasi, dan sektor jasa. Sektor itulah yang menjadi tulang punggung perekonomian Kota Cimahi. Saat ini sendiri Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Cimahi sebesar 5%. Bila pemerintah Kota Cimahi mampu menciptakan birokrasi yang mudah dan peningkatan infrastruktur Kota yang memadai, bukan tidak mungkin lima tahun ke depan Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Cimahi akan  meningkat menjadi 6% - 6,5%. Pemerintah KotaCimahi harus meningkatkan munculnya industri-industri yang baru yang bisa meningkatkan perekonomian kota dengan cara mempermudah birokrasi dan memperlancar arus peminjaman modal.

Industri Kreatif Kota Cimahi (sumber)

Menjadi salah satu daerah penyanggah Ibu Kota Provinsi jawa Barat merupakan sebuah modal bagi KotaCimahi untuk meningkatkan perekonomian kotanya. Karena Kota Cimahi menjadi salah satu pintu masuk arus modal dan barang ke Kota Bandung.

PARIWISATA CIMAHI
Sebagai surganya para wisatawan, Cimahi merupakan destinasi wisata yang sangat menyenangkan bagi para pelancong. Tempat wisata di Cimahi sangat beragam sekali dari mulai wisata alam, kuliner, hingga wisata ke tempat-tempat bersejarah.
Untuk mencari wisata alam di Kota Cimahi tidaklah sulit, Kota yang dianugerahkan Tuhan dengan alam yang indah ini memiliki banyak titik wisata alam yang sangat indah. Beberapa wisata alam di Kota Cimahi diantaranya  kawah, pegunung, air terjun, dan tempat-tempat rekreasi keluarga. Khusus untuk rekreasi keluarga, ada beberapa tempat yang memang disediakan untuk outbond dan camping. Air terjun di Cimahi biasa dikenal dengan nama curug, diantaraya adalah curug cimahi, curug penganten, curug bugbrug dan curug tilu.

Curug Penganten (sumber)

Wisata di Cimahi tidak melulu wisata alam, Kota Cimahi memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah, diantaranya adalah gedung sudirman, pendopo kota, rumah sakit dustira, gereja santo ignatius, dan stasiun kereta api cimahi. Para pelancong datang untuk melihat bangunan bersejarah, ada yang foto-fot bernarsis ria, bahkan beberapa ada yang sekedar nongkrong dan ber-haha-hihi dengan para karibnya.
Pun dengan wisata kulinernya, Cimahi memiliki ragam yang sangat banyak, diantaranya adalah macam-macam jenis bakso, macam-macam masakan sunda, macam-macam masakan seafood, bandrek-bajigur, keripik setan, macam-macam kue basah, wah kayaknya banyak kalau disebutkan semua. Makanan-makanan dengan rasa lokal yang disajikan sajian khas sunda dan modern. Pokonya bikin lidah bergoyang deh.

KULTUR SOSIAL BUDAYA KOTA CIMAHI
Kota Cimahi lahir dari Rahim sejarah yang panjang. Tidak heran bila kota ini kental sekali dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kota yang dijuluki kota hijau ini, bukan karena kotanya yang hijau, melainkan kota ini menjadi pusat pendidikan militer angkatan darat. Warna hijau mencirikan seragam dari TNI AD yang berwarna hijau.

Pusat Pendidikan Militer (Sumber)

Budaya yang berkembang di masyarakat Cimahi adalah budaya sunda. Masyarakat Cimahi sangat heterogen, namun dapat hidup rukun dan damai. Ini merupakan sebuah modal untuk kemajuan Kota Cimahi. Keheterogenan masyarakat disebabkan oleh beragamnya suku bangsa yang hidup dan menetap di daerah ini. Sehingga banyak kesenian-kesenian baru yang tumbuh dan berkembang di Cimahi. Walaupun memang kesenian sunda masih dominan dan tetap dilestarikan oleh masyarakat Cimahi. Cimahi adalah sebuah “Miniatur Indonesia”

Paguyuban Campursari Cimahi (sumber)
2.   WEAKNESS
Ada beberapa persoalan yang memang dihadapi oleh pemerintah maupun masyarakat Cimahi, ini harus segera dibenahi untuk kesejahteraan masyarakat Cimahi

KEMACETAN
Sebagai daerah yang menjadi salah satu pintu masuk ke ibu kota, kemacetan menjadi masalah yang tidak bisa dihindarkan. Permasalahan yang ditimbulkan adalah semakin banyaknya kendaraan tetapi tidak diimbangi dengan pertambahan luas wilayah, ditambah lagi dengan beberapa PKL yang berdiri di sekitar jalan atau di titik kemacetan kota.

Kemacetan Lalu Lintas (sumber)

Solusi yang bisa diambil oleh pemerintah adalah  pembuatan jalan baru, pelebaran jalan dan pembuatan pemisah untuk jalan satu arah serta penertiban PKL yang berdiri di atas bahu jalan.

PEMERATAAN EKONOMI
Berdasarkan data Tahun 2011  Terdapat sekitar 19.240 jiwa yang berstatus sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Cimahi. Dari jumlah itu, jenis permasalahan terbanyak adalah fakir miskin, yakni sebesar 10.979 kepala keluarga, dan wanita rawan sosial ekonomi, yakni sebanyak 2.162 orang.
Memang permasalahan ini tidak hanya dialami oleh Kota Cimahi saja, melainkan kota yang lain pun sama, permasalahan ekonomi menjadi permaslaahan kota. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5% Cimahi seharusnya bisa memangkas lebih banyaka angka kemiskinan kotanya. Dengan menyediakan lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.


3.   OPPORTUNITY
Peluang Kota Cimahi untuk menjadi kota yang lebih maju sangat berpeluang besar. Dari beberapa hal yang sudah dibahas sebelumnya apabila pemerintah dan masyarakat Cimahi mampu meningkatkan keunggulan (Strength) komoditi kotanya dan mampu memperbaiki kekurangannya (Weakness) bukan tidak mungkin kota Cimahi akan menjadi kota metropolitan dan mempunyai daya saing yang lebih dengan kota/kabupaten yang lain.
Pemerintah dan masyarakat harus saling sinergis, agar membentuk tatanan kehidupan kota yang kokoh dan madani. Ada beberapa potensi Kota yang harus ditingkatkan, beberapa peluang diantaranya adalah pemerintah harus mampu mencitrakan Kota Cimahi kepada masyarakat luar. Kota Cimahi yang menghubungkan Ibu Kota Negara dengan Ibu Kota Provinsi, itu merupakan peluang yang sangat bagus, karena mau tidak mau Cimahi mendapatkan keuntungan dari masuknya arus modal dan arus barang yang masuk ke Kota Bandung.
Peluang yang lain adalah Cimahi terdapat berbagai jenis wisata, tidak sulit untuk menciptakan daerah wisata di kota ini karena Tuhan telah menganugerahkan alam Kota Cimahi dengan sangat indah. Citra kota ini harus lebih ditingkatkan untuk menarik wisatawan asing agar berkunjung ke Kota Cimahi. Industri kreatif di Cimahi pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk berunjung ke Cimahi.
Keberagaman masyarakat Cimahi yang rukun menjadi modal agar Cimahi menjadi Kota yang aman dan damai. Cimahi merupakan “Miniatur Indonesia” berbagai kesenian dan budaya tumbuh dan berkembang di Cimahi.

4.   THREAT
Ancaman terbesar adalah justru bila Kota Cimahi tidak mampu mensinergiskan potensi-potensi kota dengan maksimal. Kota Cimahi bisa saja hanya menjadi sebatas Penghubung Ibu Kota provinsi dengan kota lainnya. Tanpa mengambil keuntungan di dalamnya. Keberagaman atau kemajemukan masyarakat Cimahi bisa menjadi ancaman bila masyarakat tidak mampu mempertahankan kerukunannya.

Sabtu, 20 April 2013

Rapat Kerja BEM REMA UPI 2013 !



Sayup-sayup pekikan semangat “Hidup Mahasiswa” terdengar menggema di ruangan itu. Sebuah pertemuan yang akan menjadi titik awal perjuangan ini, Bem REMA UPI 2013. Pidato Presiden Rema UPI membakar semangat kami, harapan akan perubahan akan terjadi dari hal yang kecil. Langkah ini akan menjadi awal perubahan, jiwa raga ini sekarang bukan sepenuhnya milik kami. Tapi milik warga UPI, milik rakyat ! 240 juta rakyat Indonesia akan menunggu ide dan pemikiran kita semua.

Taukah kalian semua berapa jumlah orang miskin di Indonesia ?

Menurut PBB orang miskin adalah orang yang berpenghasilan 2$/hari , dan taukah kalian ada barapa jumlah orang miskin di Indonesia menurut versi data PBB ? ada 110 juta rakyat Indonesia yang berpenghasilan kurang dari 2$/hari, 2$ sekitar Rp 19.000. Sungguh mengenaskan sekali di negeri yang kaya raya ini hampir separuh rakyat Indonesia hidup dalam kemiskinan. Dan tau kah kalian berapa jumlah mahasiswa yang ada di Indonesia ini ? Jumlah di Indonesia  hanya 4,8 juta dari 240 juta rakyat Indonesia. Apakah kita hanya diam berdiri melihat bangsa kita dalam kesusahan ? Apakah kita hanya bisa mengeluh melihat keadaaan rakyat kita ?

“Menurut Mendikbud, di tahun 2045 Indonesia akan mencapai Indonesia emas, di tahun inilah akan menjadi titik balik kebangkitan bangsa Indonesia. Sejauh manakah peran kita untuk mewujudkan visi Indonesia Emas di Tahun 2045 ? Mari kita manfaatkan peran kita masing-masing di Bem Rema ini untuk menjadi salah satu inisiator dalam mewujudkan Indonesia emas walaupun hanya dalam waktu 7 bulan.” Seru kang dudi (Presiden Rema UPI) dalam pidato pembukaannya. Sejatinya perjuangan ini tidak akan ada “artinya” apa-apa, perjuangan yang akan kita hadapi ini hanyalah simpul kecil dari sebuah kain yang akan terbentang di tahun 2045 nanti. Kami hanya sedang berusaha menyalakan lilin-lilin kecil untuk menerangi kegelap gulitaan yang sedang menggelayuti rakyat kita. “Bukankah lebih baik menyalakan lilin dari pada mengutuk di dalam kegelapan ?” - pepatah

Pemaparan-pemaparan program dari tiap kementrian semuanya keren penuh dengan optimisme yang tinggi. Isu-isu aktual yang akan dihadapi mahasiswa khususnya dan isu-isu rakyat pada umumnya dimunculkan dari beberapa kementrian. Ada beberapa isu yang akan menjadi sorotan, di antaranya adalah UKT (uang kuliah tunggal), Asrama UPI, Parkir UPI, Advokasi mahasiswa, isu kenaikan harga BBM, 100 hari pemerintahan Aher-Deddy, 9 tahun pemerintahan SBY, pemilihan Walikota Bandung, pemilihan legislatif 2014. Tahun 2013 adalah tahun politik, sudah sewajarnya mahasiswa sebagai agent of change, iron stock, dan social control untuk selalau mengwal kebijakan dari para penguasa kebijakan, dan sudah sepatutnya kita semua mengawal para calon pemimpin kita ! kita tidak ingin para calon pemimpin kita nanti dipimpin oleh orang-orang yang salah, kita harus mengkritisi track record para calon pemimpin kita , baik calon legislatif, walikota, maupun presiden di tahun 2014. Dan isu yang terhangat adalah korupsi bansos di kota bandung ! mari awasi ! mari kritisi !

Presiden Rema sendiri berpesan bahwa Rema UPI bukanlah sebuah Event Organizer ! kita adalah BEM REMA UPI !

Bem REMA UPI bukan lah event organizer yang kerjaannya membuat acara-acara kampus dan mencari dana untuk acara-acara tersebut. “Kita adalah mahasiswa, di Bem Rema UPI inilah tempat kita untuk belajar menjadi seorang pemimpin, menciptakan ketokohan-ketokohan tingkat nasional” ucap kang dudi. Iya, sudah saatnya Bem Rema UPI bergerak lebih nyata, para mahasiswa harus bisa mengisi dan menjadi pemateri di bidangnya masing-masing. Yang kuliah di FPMIPA bisa menjadi pemateri seputar IPA di kampus, di masyarakat, disandingkan dengan para dosen dan lain-lain, mahasiswa FPBE menjadi tokoh di bidang ekonomi, mahasiswa FIP menjadi tokoh di bidang pendidikan, dan mahasiswa lainnya. Kita harus bisa menjadi pakar di bidang ilmu kita masing-masing, sehingga setiap kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah bisa kita kritisi sesuai dengan kemampuan kita masing-masing, menjadi pembicara di seminar tingkat kampus dan nasional. Di Bem Rema inilah tempat untuk membuat tokoh-tokoh tersebut. Kita tidak boleh melewatkan momentum untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah dan isu-isu yang akan dihadapi rakyat, jangan sampai ketika kita sibuk membuat acara-acara kampus tapi kita melewatkan momentum untuk mengkritisi 9 tahun pemerintahan SBY, jangan sampai ketika kita sibuk membuat acara-acara di kampus, kita lalai untuk terjun membantu rakyat yang sedang tertimpa bencana misalnya. Ingat kita bukan EO untuk membuat acara-acara di kampus, tapi kita harus tetap pada tujuan awal kita untuk selalu peka terhadap kebijakan dan isu-isu kerakyatan, mari menciptakan UPI yang cerdas dan berkarakter. Begitulah paparan dari kang dudi. 

Semoga ukhuwah dan optimisme kita tidak akan pernah surut teman-teman , sampai akhira menjabat nanti ! :D

Hidup Mahasiswa !

Hidup Rakyat Indonesia !

Minggu, 07 April 2013

Jadi Guru Enak Loh



 sumber : Facebook pa arif "To be a teacher, U should more think about that:"

Pernahkah kalian berpikir tentang perkerjaan apa yang akan kalian geluti suatu saat nanti ?

Saya sedang memikirkan hal itu akhir-akhir ini. Entah kenapa pikiran itu muncul di saat saya sedang memasuki episode “perkuliahan penelitian” dan saya sedang berada di trek yang sebentar lagi akan mencapai garis “skripsi”. Saya kuliah di jurusan pendidikan fisika, namun tak pernah sedikitpun muncul di benak saya untuk menjadi seorang guru. Bagi saya menjadi guru adalah pekerjaan yang repot, tiap hari harus mengurusi anak orang, tiap hari harus berangkat pagi, tiap hari harus membuat RPP dan silabus pembelajaran, gaji tidak seberapa. Ya apa enaknya sih jadi guru ?

Mending jadi pengusaha, jelas punya usaha sendiri dong, mau berangkat kapan aja bisa, pasti bisa kaya, punya banyak waktu luang, punya banyak uang, mau ini mau itu bisa beli,
Tapi proses belajar yang saya alami selama ini membuat saya berubah,  merubah paradigm saya tentang guru. Pendidikan telah mengajarkan saya banyak hal tentang hidup, cinta, persahabatan, dan empati. Banyak hal yang saya dapat selama ini tanpa saya sadari semuanya tidak lepas dari proses pendidikan dari mulai TK hingga kuliah sekarang. Ada beberapa alasan yang mulai saya pikirkan ternyata jadi guru itu mulia dan bisa membuat kamu bahagia.

Ikatan Emosional Dengan Masa SMA
Kalau saya ditanya masa-masa apa yang menurut kamu paling indah selama hidup kamu ?
Tanpa ragu saya akan jawab, masa-masa SMA adalah masa yang paling indah selama hidup saya sampai sekarang ini. Mengenang masa-masa SMA membuat kamu selalu menjadi muda. Membicarakan masa “putih abu” tidak akan pernah bosan, masa SMA adalah masa dengan penuh “kebodohan dan keanehan”.
Saya orang yang sangat sulit untuk menangis, apa sih cowo ko nangis, ga banget lah masa mau nangis. Tapi sial saat perpisahan saya menangis di depan teman-teman ! Awalnya saya dan teman-teman maju untuk dikalungkan medali oleh wali kelas, disusul dengan salam-salaman dengan para guru, wakepsek, dan kepsek. Ooh meeen wali kelas saya menangis, dari situ hidung saya udah merah. Dalam hati *plis plis plis ayo tahan nanti aja nangisnya*. Salaman berlanjut dari satu guru ke guru lainnya, sampai salaman dengan pak Roni (Guru Fisika) mata saya udah sembab hidung merah. Sumpah gatau kenapa kok saya tiba-tiba jadi nangis gini, di tahan tahan malah jadi tidak tahan haha. Mungkin saya harus menagis. Saya di peluk dari belakang “BUKKKK”. “Eduu maafin saya ya kalau ada salah, saya akan jauh dari kalian” ternyata si sabiq. Mau gamau saya peluk dia juga. Dengan tangisan yang udah makin menjadi jadi saya bicara sekenanya sambil sesekali menyeka hidung “iya biq hati-hati ya di Malaysia, kamu belajar di sana, jangan nakal lagi”. Pelukan demi pelukan dan tangisan demi tangisan terus berlanjut, semua berpelukan, saat itulah semua kenagan di masa SMA berputar di memori otak saya, saat saya bahagia, saat saya sedih, saat-saat di marahi guru, saat saat nakal, saat terkena visru merah jambu, saat saya belajar untuk menjadi manusia dewasa. Saya dan mereka sudah seperti keluarga lebih dari sekedar sahabat. Walau kadang mereka menjengkelkan, kalau ulang tahun di bully sampai lupa kalau saya manusia, aah tapi semua itu indah untuk dikenang.
Kenangan-kenangan SMA itulah yang ingin selalu saya ingat, menjadi guru jiwa kita akan selalu menjadi muda, menjadi guru akan selalu mengenang masa SMA. Indah bukan untuk dikenang ? bayangan-bayangan ketika masa “putih abu-abu” akan selalu terbayang saat saya menjadi guru kelak.

Kehidupan SMA; Cinta dan Persahabatan
Menjadi guru berarti menjadi orang tua murid di sekolah. Guru bukan sekedar mengajarkan materi pembelajaran di kelas, tapi guru menjadi orang tua yang selalu meluruskan siswa nya saat mereka salah, mensuport siswanya saat mereka patah semanagat, menghibur mereka saat mereka sedih, menjadi orang yang setia mendengarkan curhat siswanya saat mereka mempunyai masalah.  Saya sendiri menyukai kehidupan dan lingkungan sosial yang ada di SMA. Kompetisi yang sehat antar siswa di SMA, segala romantika kehidupan anak remaja, persahabatan, dan rasa empati antar siswa. Saya menyukai hal-hal tentang mereka dan tentang kehidupan mereka. Mengurus anak SMA harus menggunakan pendekatan seperti seorang sahabat, seorang guru tidak bisa memposisikan dirinya terus-menerus sebagai seorang guru. Saya siap ko jadi tempat curhat mereka, secara saya kan pernah SMA juga makan “asam garam” masa SMA haha

Mempunyai Banyak Waktu
Menajdi guru kamu bisa mempunyai banyak waktu untuk keluarga di rumah. Secara kan yah guru masuk jam 7.00, pulang yaah paling jam 14.00 itu pun ga tiap hari seperti itu. Sepulang kerja bisa membangu usaha di rumah, bisa sambil menuluis buku sambil bercengkerama dengan anak istri di rumah melihat anak-anak bermain dan berlarian di sekitar rumah. Dengan begitu selain bisa mengajar kita juga bisa produktif untuk menulis, untuk membuka usaha,  dan menyalurkan hobi kita yang lain. Apa lagi kalau buka usaha di rumah, bah ! enak banget tuh kayaknya. Bisa juga dengan membuka les/private di rumah sesuai dengan  mata pelajaran yang sedang di geluti. Kalau ada yang bilang gaji guru kecil itu salah banget, gaji guru sekarang besar ! Dua kali lipat dari gaji pokok, apa lagi punya usaha sampingan ! Bah lu bisa kaya banget.

Mengabdi Untuk Masyarakat
Efek dari mempunyai banyak waktu itulah yang bisa membuat seorang guru bisa mengabdi lebih banyak kepada masyarakat. Ingat menjadi seorang guru berarti telah menafkahkan “badannya” bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan untuk anak didiknya, untuk pendidikan bangsanya, 240 juta rakyat Indonesia. Seorang guru harus bisa mengabdi untuk masyarakatnya, di manapun seorang guru tinggal, dia bermanfaat untuk orang yang ada di sekelilingnya. Jujur saya sendiri semenjak menginjak usia SMA sangat tertutup atau jarang bergaul dengan masyarakat, bahkan teman-teman satu lingkungan sekalipun. Secara saat saya SMA,  pulang dari sekolah sore sekali, setelah itu mandi makan sholat dan belajar, pagi berangkat sekolah lagi. Waktu saya banyak dihabiskan di sekolah. Dengan menjadi guru, saya punya waktu untuk mengabdi kepada masyarakat.
 
Intinya adalah menjadi seorang guru adalah menjadi orang yang bermanfaat. Menjadi guru berarti ikut andil untuk membangun kader-kader "Manusia" di masa yang akan datang. Pekerjaan apa pun kalau di isi oleh orang yang baik maka pekerjaan itu akan menjadi baik, tapi pekerjaan yang baik kalau diisi oleh orang yang tidak baik maka akan menjadi tidak baik. Saya sedang belajar untuk itu, memperbaiki diri saya untuk menjadi orang baik, untuk masa depan cita dan cinta. Kelak bekerja sebagai apa pun saya akan selalu siap, demi agama, bangsa, dan negara ini. Indonesia Raya ~


Sabtu, 09 Maret 2013

Menyoal Sumber Daya Alam Indonesia




Selamat malam readers,
Saya bersyukur bisa hidup di tanah air Indonesia.
Berikut ini adalah kutipan lirik dari sebuah lagu yang terkenal di tahun 70’ an yang dipopulerkan oleh koes ploes.
“Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”

Mungkin teman-teman semua bisa tau maksud dari lirik di atas, negara kita negara yang sangat kaya sekali teman-teman. Orang luar menyebut negara kita surganya dunia, orang luar menyebut negara kita sebagai zamrud khatulistiwa. Sampai ada sebuah lelucon “Orang Indonesia yang masih berpikir besok mau makan apa ? besok masih bisa makan atau tidak, itu adalah dosa sederhana yang mereka lakukan untuk menghina Tuhan”. Sangat sederhana sekali di tanah yang sekaya ini, masih ada rakyat kita yang “berpikir besok bisa makan atau tidak ?”.  Padahal tanah negara kita adalah tanah yang subur segala jenis tumbuhan bisa tumbuh di negeri ini, di dalam tanah negeri ini terkandung triliunan kubik cadangan batu bara dan gas alam, tanah kita mengandung  miliaran barel minyak bumi, hampir segala jenis flora dan fauna yang ada di dunia berkumpul dari sabang sampai marauke, dan masih banyak lagi kekayaan sumber daya alam lainnya. Namun sayang sekali tidak semua masyarakat kita bisa mengolah potensi sumber daya alam yang ada di negeri sekaya ini. Apa penyebabnya ? BANYAK !

Sehingga apa yang terjadi ? negara  kita menjadi bancakan para kaum kapitalis, negara ini menjadi bancakan para investor asing, negara ini menjadi bancakan para penguasa. Siapa yang bisa memproteksi SDA kita ? Para pengambil kebijakan !

Tapia apa yang terjadi, elit penguasa kita larut dalam eforia politik untuk mempertahankan kekuasannya, tiap hari kita disuguhkan dengan berita-berita korupsi para elit politik di bumbui dengan sedikit pencitraan mereka. Ah sudahlah membahas itu semua tidak akan selesai hanya dalam hitungan jam.

Alam kita terus menerus di eksploitasi, kerusakan alam terjadi dimana-mana. Banyak aktor berada di balik perusakan Sumber Daya Alam di negeri ini. Korporasi –baik nasional maupun transnasional— menjadi aktor utama dari seluruh perusakan alam.

Sorotan terhadap praktik buruk pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan korporasi sudah sangat sering dilakukan, baik oleh media maupun lembaga-lembaga masyarakat sipil.  Berbagai proteksi selalu diberikan pemegang otoritas kebijakan dan politik. Korporasi berlindung di balik izin yang mereka dapatkan maupun proteksi politik dari parlemen atau partai politik. Akibatnya  perusakan sumber daya alam terus berlangsung secara sistematis yang akhirnya berdampak pada hilangnya kemandirian bangsa atas sumber daya alamnya.

Siapa yang menjadi korban ? Rakyat. Rakyat menjerit, ya menjerit. Rakyat menagih, menagih janji undang-undang “Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.” (Pasal 33 UUD 1945)

Sudah saatnya kita sebagai generasi muda terus belajar dan belajar untuk mengelola negara Indonesia yang kaya raya ini dan sudah saatnya para elit penguasa kita sadar bahwa negara ini butuh penglolaan alam yang baik yang digunakan untuk  kemakmuran rakyat Indonesia. Pemerintah harus mengkaji lagi kontrak perjanjian kerja dengan korporasi luar dan dalam negeri baik dari segi pajak, royalty, dan sebagainya. Semoga kita selalu dirahmati Allah untuk menjaga negeri ini.
Allah, bantu kami menjaga negeri kami, tanah air Indonesia. Aammiin....
luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com