Sabtu, 14 Januari 2012

"Mata Kuliah Termudah Yang Pernah Turun Ke Muka Bumi" (SEJARAH FISIKA)

 
Yah sepertinya sejarah fisika adalah mata kuliah termudah yang pernah turun ke muka bumi, itu hanya lelucon dari dosen mata kuliah sejarh fisika (pak asep sutiadi).
Belajar sejarah fisika esensinya adalah mempelajari bagaimana dan mengapa sebuah fenomena sejarah dalam ilmu fisika bisa terjadi. Itu merupakan hal yang paling mendasar dalam mempelajari sejarah fisika. Selain itu kita juga harus mempelajari bagaimana sikap seorang ilmuan agar bisa menemukan sesuatu yang turut menyumbangkan terhadap perkembangan ilmu fisika. Karena perkembangan dunia di abad ini tidak lepas dari prkembangan ilmu fisika yang terjadi sejak zaman pra sains sampai zaman modern seperti sekarang ini. Fisika mempunyai andil dalam semua teknologi yang hadir di abad ini dari mulai teknologi informasi, farmasi, kedokteran, militer, aeronoutika dan teknologi lainya. Semua itu tidak lepas dari temuan-temuan para ilmuan fisika. Sehingga yang harus dipelajari disini adalah bagaimana paradigma mereka, sikap mereka, dan pemikiran mereka sampai menemukan penemuan-penemuan yang mutakhir untuk perkembangan ilmu fisika. Sejarah fisika juag mempelajari konten-konten atau cabang ilmu fisika dan biografi beberapa ilmuan fisika yang berjasa mengembangkan cabang ilmu fisika tersebut.
Hal utama yang dilakukan dalam sejarah fisika adalah kita harus mencari tahu dan memahami setiap penemuan-penemuan dari ilmuan fisika itu, bagaimana mereka bisa menemukan hal tersebut dan mengapa mereka bisa menemukan hal tersebut. Berarti disini kita harus memahami bahwa sikap seperti apa yang dilakukan oleh para ilmuan sehingga mereka bisa berpikir sampai menemukan suatu hal yang berkaitan dengan ilmu fisika, bagaimana pola pikir dan paradigma mereka ketika berpikir atau pun bereskperimen untuk menemuka hal tersebut. Setelah kita memahaminya kita harus mengaplikasikan sikap seorang ilmuan dalam kehidupan kita sehari-hari. Kita juga harus mencari tahu dan memahami bahwa fisika mempunyai peranan besar bagi perkembangan dunia di masa sekarang serta mengetahui biografi singkat ilmuan-ilmuan fisika. Sehingga kita bisa merubah paradigm kita tentang ilmu fisika yang utuh dan bagaiman menjadi seorang ilmuan agar bisa produktif.
Media yang digunakan untuk belajar sejarah fisika bisa menggunakan film,  dengan melihat tayangan-tayangan film dokumenter kita bisa mempunyai bayangan visual bagaiman suatu penemuan dapat ditemukan. Kita pun bisa menggunakn banner atau pun poster-poster yang inspiratif yang memperlihatkan biografi ilmuan dan penemuanya, sehingga kita bisa lebih mudah menghafal dan tidak bosan untuk melihatnya. Bisa juga menggunakan slide power point agar lebih mudah untuk melihat dan memepresentasikanya.

“A physicist who never lost her humanity

12 kata mujarab dari Cewe

Cewe emang sesuatu banget, semua kata2 yang klauar dari bibirnya semua bermajas yah bermajas.
1.    “AKU TAKUT” = Ini Tandanya cewe minta ditemenin

2.  “MASA SIH” = padahal dalam hatinya bilang “gw tau lo    bohong”

3.  “AKU TAU KM SK SAMA DIA'= padahal dalam hatinya bilang “kenapa ga gw aja”

4.  TERSERAH DEH = Artinya lu harus ngertiin dia (“terserah deh” = “ngertiin dong”)

5.  “HARI INI PERGI GA ?” = Ini artinya cewe ngajak lu jalan (“Hari ini pergi ga ?” = “main yuk!”)

6.  “BUKAN SALAH KM KOK, SALAH AKU” = Kita kalau lagi berantem sama cewe, cewe itu selalu pura-pura menghindar untuk disalahkan dan selalu pura-pura menyalahkan dirinya sendiri padahal dalam hatinya (Lu yang salah bego!)

7.  “YAUDAH DEH” = Ini artinya cewe gamau memperpanjang masalah.

8.  “KAMU BERUBAH YA SKRG ?” = Ini artinya cewe kangen lu yang dulu men.

9.  “CUMA GA ENAK BADAN KOK” = Cewe kalau lg kaya gini brarti minta perhatian (“Cuma ga enak badan kok” = “perhatian dikit napa”)

10 “GA AH, NTAR ADA YG MARAH” = pengen liat reaksi lu, intinya dia nanya lu udah punya cewe apa belum.

11.  “GA KOK AKU GA MARAH” = padahal dalam hatinya bilang  “udah tau marah, nanya lg?”

12. “SIBUK YA ?”= kapan ada wktu buat gw? :(


luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com