Rabu, 07 Maret 2012

INTERNET ! Satu Kata Sejuta Manfaat


Internet secara harfiah hanya sebuah akronim dari 'interconnected-networking' yang jika diartikan secara luas merupakan sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar Internet Protocol Suite (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia

Tahun 1969 merupakan tonggak awal lahirnya internet, awalnya Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA)  membuat sebuah riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Proyek ini dikenal dengan nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). 

Tiga tahun kemudian yaitu pada tahun 1972  Roy Tomlinson berhasil membuat sistem surat elektronik yang sekarang kita kenal sebagai e-mail. Program e-mail ini berhasil menggantikan surat konvensional yang biasa di gunakan oleh manusia untuk mengirim surat dan pada tahun yang sama diperkenalkan simbol “@” atau dibaca “at”. 

Internet sungguh sesuatu yang bisa membuat manusia menghilangkan batasan dan jarak di bumi untuk saling berkomunikasi. Pada tahun 1981 France Telecom berhasil meluncurkan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon dan terhubung ke sebuah video. Telepon televisi ini yang sekarang kita kenal dengan video call kita bisa menelfon seseorang nun jauh di sana dan bisa saling bertatap muka. 

Tahun 1988, ditemukan IRC atau Internet Relay Chat. Sistem ini yang kemudian kita kenal dengan Chatting, istilah lain yang kemudian muncul di Indonesia adalah “Kopi Darat”. Karena setelah kita berbincang dan mencari teman lewat media chat, kita bisa berbincang atau bertemu di dunia nyata.

Internet menjadi sebuah kebutuhan hidup, apa lagi setelah david filo dan jerry yang membuat Yahoo, sebuah web yang dapat mem-bookmark data dan mengurutkanya berdasarkan subjek. Semua orang bisa mengakses informasi apa pun dengan hanya menulis sebuah keyword dalam mesian pencari data atau yang kita kenal dengan “search engine”. Setelah yahoo, muncul google dan web serach engine lainya.

Semakin hari internet menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang, bahkan bagi yang super sibuk dan tidak sempat untuk bersosialisasi di luar rumah, internet adalah jawabanya. Di internet kita bisa saling bertegur sapa dengan sahabat, keluarga, atau bahkan pacar. Sejak munculnya jejaring sosial, bersosialisasi menjadi semakin mudah. Semua orang bisa eksis di internet dari mulai artis sampai orang yang ingin menjadi artis. Dari mulai orang terkenal, sampai orang yang ingin terkenal atau mungkin tidak sengaja terkenal.

Siapa yang tidak kenal dengan shinta jojo ? Justin bieber ? norman kamaru ? Udin Sedunia ?
Pada tahun 2010 duo lipsing maut asal Indonesia mba shinta dan mba jojo menggegerkan publik dunia maya, video lipsing yang mereka unggah ke you tube mendapat perhatian dari banyak neters. Bahkan video lipsing yang berjudul “keong racun” menjadi trending topic di twitter. Di indonesia bukan cuma sinta jojo yang tenar lewat video, tapi ada Norman kamaru, Udin sedunia, dan ustad Muhammad nur maulana bisa tenar lewat video ternyata pemirsaaa :D
Orang-orang tersebut bisa terkenal lewat internet dan bisa merubah hidup mereka.
Di luar negeri tengok saja ada Rebeca Black, Boyce Avenue, bahkan Justin Bieber.
Semua orang bisa eksis dan bisa tenar lewat internet, tinggal unggah video gokil anda. Mereka bisa kenapa kita tidak .
Anda tertarik ? Silahkan mencoba.

Membicarakan internet memang tidak akan ada habisnya. Semua orang yang ada di desa mau pun di kota dapat dengan mudah mengakses internet. Tidak heran kalau Indonesia merupakan pengguna jejaring sosial yang menempati tiga besar dunia pengguna jejaring sosial facebook dan twitter (sumber).
Fenomena ini membuat facebook dan twitter menjadi sarana untuk mencari massa, kawan, sarana untuk iklan, atau mencari jodoh pun bisa. Masih ingat beberapa waktu yang lalu ketika Presiden Husni Mubarak diturunkan dari jabatanya setelah menjadi penguasa mesir selama puluhan tahun. Turunnya mantan prsiden Mesir tersebut tidak bisa lepas dari peran rakyat mesir yang eksis di Internet. Mereka mengumpulkan massa memanfaatkan jejaring sosial sebagai media komunikasi. Selain bisa eksis di Internet, ternyata internet juga bisa menjadi sarana untuk mengumpulkan massa yang massif. Tak tanggung-tanggung massa yang datang setelah ada pemberitaan di jejaring sosial untuk berkumpul melawan rezim Husni Mubarak mencapai ribuan orang. Inernet menjadi media komunikasi yang dahsyat !

Eits, ternyata bukan itu saja loh keuntungan kita “ngeksis” di Internet di Indonesia ada fenomena baru dimana individu atau kelompokmenjual sesuatu di Internet.
Pernah dengar kata “Maicih” ?
Itu loh  jajanan sejenis keripik yang jadi salah satu jajanan favorit yang ada di bandung. Ternyata maicih menggunakan media Internet sebagai ladang untuk menarik konsumen, dengan strategi lapak yang “nomaden” atau bisa dibilang berpindah-pindah. Maicih meginformasikan lapaknya melalui internet, setiap maicih berpindah temapat mereka menginformasikan tempat jualannya kepada konsumenya yang sedang eksis di internet. Sebuah strategi yang jitu, tak tanggung-tanggung omzetnya mencapai miliaran rupiah daei hasil menjual keripik tersebut.

So tetaplah eksis di internet, jadilah pengguna internet yang bijak karena internet adalah dunia aku kamu dia dan kita.
luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com