Senin, 03 Juni 2013

CINTA CIMAHI

Tahukah kalian koordinat ini 6°53' LS 107°32' BT ?

Koordinat itu terletak di Kota Cimahi, dimana 612.168 jiwa (sensus 2011) menetap di kota yang indah itu.
Di postingan kali ini saya ingin menceritakan kota cimahi dan menganalisisnya menggunakan analisis SWOT.

Tapi sebelum menganalisis Kota Cimahi, saya perkenalkan dulu sekilas tentang Kota Cimahi. Kota yang dikenal sejak tahun 1811 ini  awalnya diinisiasi oleh seorang jenderal yang bernama Williem Dandels, saat itu jenderal Williem Dandels sedang membuat Jalan Raya Anyer-Panarukan, dengan dibuatnya pos penjagaan (loJi) di Alun-alun Cimahi sekarang. Tahun 1953 Cimahi menjadi sebuah kecamatan dan pada  Tahun 1975 ditingkatkan menjadi kota administratip melalui PP No.29 Tahun 1975, Kota Cimahi diresmikan pada tanggal 29 Januari 1976, merupakan Kotip pertama di Jawa Barat dan ketiga di Indonesia. Tahun 2001 ditingkatkan statusnya menjadi kota otonom.

Kota yang berpenduduk 612.168 jiwa ini memiliki slogan Saluyu Ngawangun Jati Mandiri, yang artinya memiliki pengertian berjalan harmonis serasi dengan selaras, bahu membahu dalam membangun citra diri yang mandiri dalam kemajuan. Pemandangan di Kota ini sangat indah, alamnya asri, serta udaranya romantis dan sejuk.


Yuk kita analisis KotaCimahi menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats)

1.   STRENGTH
Kota cimahi merupakan kota  yang terletak di Jawa Barat, kota ini merupakan “tetangga Ibu Kota” dimana kita ketahui bahwa Cimahi merupakan tetangga dari Kota bandung. Ini merupakan sebuah keuntungan karena Cimahi berperan sebagai sebagai penyanggah Ibu Kota Provinsi. Celah ini bisa dimanfaatkan dengan dengan baik oleh pengambil kebijakan di Kota Cimahi untuk membuat Kota Cimahi lebih bergerak aktif lagi dalam membangun infrastruktur kota dan mempromosikan Kota Cimahi menjadi salah satu bagian yang penting dari Jawa barat

PEREKONOMIAN
Kekuatan perekonomian Cimahi terletak pada bidang industri dan UMKM. Industri yang mampu memberikan kontribusi bagi perekonomian Kota Cimahi adalah industri Pengolahan dan beberapa industri kreatif lainnya. Beberapa sektor lain pun turut menjadi tulang punggung perekonomian Kota Cimahi, diantaranya adalah sektor pertanian, listrik gas dan air bersih, bangunan dan konstruksi, hotel dan restoran, angkutan dan komunikasi, dan sektor jasa. Sektor itulah yang menjadi tulang punggung perekonomian Kota Cimahi. Saat ini sendiri Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Cimahi sebesar 5%. Bila pemerintah Kota Cimahi mampu menciptakan birokrasi yang mudah dan peningkatan infrastruktur Kota yang memadai, bukan tidak mungkin lima tahun ke depan Laju Pertumbuhan Ekonomi Kota Cimahi akan  meningkat menjadi 6% - 6,5%. Pemerintah KotaCimahi harus meningkatkan munculnya industri-industri yang baru yang bisa meningkatkan perekonomian kota dengan cara mempermudah birokrasi dan memperlancar arus peminjaman modal.

Industri Kreatif Kota Cimahi (sumber)

Menjadi salah satu daerah penyanggah Ibu Kota Provinsi jawa Barat merupakan sebuah modal bagi KotaCimahi untuk meningkatkan perekonomian kotanya. Karena Kota Cimahi menjadi salah satu pintu masuk arus modal dan barang ke Kota Bandung.

PARIWISATA CIMAHI
Sebagai surganya para wisatawan, Cimahi merupakan destinasi wisata yang sangat menyenangkan bagi para pelancong. Tempat wisata di Cimahi sangat beragam sekali dari mulai wisata alam, kuliner, hingga wisata ke tempat-tempat bersejarah.
Untuk mencari wisata alam di Kota Cimahi tidaklah sulit, Kota yang dianugerahkan Tuhan dengan alam yang indah ini memiliki banyak titik wisata alam yang sangat indah. Beberapa wisata alam di Kota Cimahi diantaranya  kawah, pegunung, air terjun, dan tempat-tempat rekreasi keluarga. Khusus untuk rekreasi keluarga, ada beberapa tempat yang memang disediakan untuk outbond dan camping. Air terjun di Cimahi biasa dikenal dengan nama curug, diantaraya adalah curug cimahi, curug penganten, curug bugbrug dan curug tilu.

Curug Penganten (sumber)

Wisata di Cimahi tidak melulu wisata alam, Kota Cimahi memiliki banyak bangunan-bangunan bersejarah, diantaranya adalah gedung sudirman, pendopo kota, rumah sakit dustira, gereja santo ignatius, dan stasiun kereta api cimahi. Para pelancong datang untuk melihat bangunan bersejarah, ada yang foto-fot bernarsis ria, bahkan beberapa ada yang sekedar nongkrong dan ber-haha-hihi dengan para karibnya.
Pun dengan wisata kulinernya, Cimahi memiliki ragam yang sangat banyak, diantaranya adalah macam-macam jenis bakso, macam-macam masakan sunda, macam-macam masakan seafood, bandrek-bajigur, keripik setan, macam-macam kue basah, wah kayaknya banyak kalau disebutkan semua. Makanan-makanan dengan rasa lokal yang disajikan sajian khas sunda dan modern. Pokonya bikin lidah bergoyang deh.

KULTUR SOSIAL BUDAYA KOTA CIMAHI
Kota Cimahi lahir dari Rahim sejarah yang panjang. Tidak heran bila kota ini kental sekali dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kota yang dijuluki kota hijau ini, bukan karena kotanya yang hijau, melainkan kota ini menjadi pusat pendidikan militer angkatan darat. Warna hijau mencirikan seragam dari TNI AD yang berwarna hijau.

Pusat Pendidikan Militer (Sumber)

Budaya yang berkembang di masyarakat Cimahi adalah budaya sunda. Masyarakat Cimahi sangat heterogen, namun dapat hidup rukun dan damai. Ini merupakan sebuah modal untuk kemajuan Kota Cimahi. Keheterogenan masyarakat disebabkan oleh beragamnya suku bangsa yang hidup dan menetap di daerah ini. Sehingga banyak kesenian-kesenian baru yang tumbuh dan berkembang di Cimahi. Walaupun memang kesenian sunda masih dominan dan tetap dilestarikan oleh masyarakat Cimahi. Cimahi adalah sebuah “Miniatur Indonesia”

Paguyuban Campursari Cimahi (sumber)
2.   WEAKNESS
Ada beberapa persoalan yang memang dihadapi oleh pemerintah maupun masyarakat Cimahi, ini harus segera dibenahi untuk kesejahteraan masyarakat Cimahi

KEMACETAN
Sebagai daerah yang menjadi salah satu pintu masuk ke ibu kota, kemacetan menjadi masalah yang tidak bisa dihindarkan. Permasalahan yang ditimbulkan adalah semakin banyaknya kendaraan tetapi tidak diimbangi dengan pertambahan luas wilayah, ditambah lagi dengan beberapa PKL yang berdiri di sekitar jalan atau di titik kemacetan kota.

Kemacetan Lalu Lintas (sumber)

Solusi yang bisa diambil oleh pemerintah adalah  pembuatan jalan baru, pelebaran jalan dan pembuatan pemisah untuk jalan satu arah serta penertiban PKL yang berdiri di atas bahu jalan.

PEMERATAAN EKONOMI
Berdasarkan data Tahun 2011  Terdapat sekitar 19.240 jiwa yang berstatus sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di Kota Cimahi. Dari jumlah itu, jenis permasalahan terbanyak adalah fakir miskin, yakni sebesar 10.979 kepala keluarga, dan wanita rawan sosial ekonomi, yakni sebanyak 2.162 orang.
Memang permasalahan ini tidak hanya dialami oleh Kota Cimahi saja, melainkan kota yang lain pun sama, permasalahan ekonomi menjadi permaslaahan kota. Dengan pertumbuhan ekonomi sebesar 5% Cimahi seharusnya bisa memangkas lebih banyaka angka kemiskinan kotanya. Dengan menyediakan lapangan kerja baru dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.


3.   OPPORTUNITY
Peluang Kota Cimahi untuk menjadi kota yang lebih maju sangat berpeluang besar. Dari beberapa hal yang sudah dibahas sebelumnya apabila pemerintah dan masyarakat Cimahi mampu meningkatkan keunggulan (Strength) komoditi kotanya dan mampu memperbaiki kekurangannya (Weakness) bukan tidak mungkin kota Cimahi akan menjadi kota metropolitan dan mempunyai daya saing yang lebih dengan kota/kabupaten yang lain.
Pemerintah dan masyarakat harus saling sinergis, agar membentuk tatanan kehidupan kota yang kokoh dan madani. Ada beberapa potensi Kota yang harus ditingkatkan, beberapa peluang diantaranya adalah pemerintah harus mampu mencitrakan Kota Cimahi kepada masyarakat luar. Kota Cimahi yang menghubungkan Ibu Kota Negara dengan Ibu Kota Provinsi, itu merupakan peluang yang sangat bagus, karena mau tidak mau Cimahi mendapatkan keuntungan dari masuknya arus modal dan arus barang yang masuk ke Kota Bandung.
Peluang yang lain adalah Cimahi terdapat berbagai jenis wisata, tidak sulit untuk menciptakan daerah wisata di kota ini karena Tuhan telah menganugerahkan alam Kota Cimahi dengan sangat indah. Citra kota ini harus lebih ditingkatkan untuk menarik wisatawan asing agar berkunjung ke Kota Cimahi. Industri kreatif di Cimahi pun menjadi daya tarik para wisatawan untuk berunjung ke Cimahi.
Keberagaman masyarakat Cimahi yang rukun menjadi modal agar Cimahi menjadi Kota yang aman dan damai. Cimahi merupakan “Miniatur Indonesia” berbagai kesenian dan budaya tumbuh dan berkembang di Cimahi.

4.   THREAT
Ancaman terbesar adalah justru bila Kota Cimahi tidak mampu mensinergiskan potensi-potensi kota dengan maksimal. Kota Cimahi bisa saja hanya menjadi sebatas Penghubung Ibu Kota provinsi dengan kota lainnya. Tanpa mengambil keuntungan di dalamnya. Keberagaman atau kemajemukan masyarakat Cimahi bisa menjadi ancaman bila masyarakat tidak mampu mempertahankan kerukunannya.
luvne.com luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com.com